Mar 22, 2016

Manfaat Kegunaan Asam Lemak Omega 3 bagi Tubuh

Asam lemak Omega-3   sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung, ginjal, dan sistem pencernaan. Asam lemak omega-3 diperlukan oleh tubuh kita untuk membuat prostaglandin yang mengatur pembekuan darah, produksi hormon, dan peradangan, nyeri, dan bengkak di dalam tubuh.

Ada tiga jenis asam lemak omega-3; docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) yang ditemukan dalam minyak ikan, dan alpha-linolenic acid (ALA) ditemukan dalam makanan nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati terutama minyak biji rami.

Berdasarkan banyak penelitian bahwa dengan mengkonsumsi DHA dan EPA melalui makanan atau suplemen  menunjukkan  dapat memberika perlindungan terhadap penyakit jantung dengan menurunkan kadar trigliserida (lemak) dalam darah, sementara meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyumbat arteri dan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Hal ini juga membantu menjaga platelet darah dari menjadi lengket dan menggumpal bersama-sama untuk membentuk bekuan darah. Asam Lemak Omega 3, Sumber, Fungsi, Manfaat, Dosis Dan Efek Samping

Manfaat Asam Lemak Omega 3 :
  • Mendukung pertumbuhan dan perkembangan - Omega-3 sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan. Asupan omega-3 selama kehamilan penting untuk perkembangan otak janin. Tingkat IQ anak yang lebih tinggi juga telah dikaitkan dengan konsumsi omega-3 yang lebih tinggi selama kehamilan. Anak-anak dengan tingkat omega-3 rendah telah diteliti cenderung memiliki kesulitan membaca.
  • Mencegah penyakit jantung - Salah satu cara mencegah penyakit jantung adalah dengan diet rendah lemak jenuh, dan makan makanan yang kaya lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Minyak ikan telah terbukti menurunkan tingkat trigliserida (lemak dalam darah). Ini dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan detak jantung abnormal pada orang yang telah mengalami serangan jantung. Teori lain mengatakan bahwa omega-3 memiliki sifat antioksidan yang meningkatkan fungsi endotel sehingga berkontribusi meningkatkan kesehatan jantung.
  • Menjaga tekanan darah - Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. EPA menjaga kesehatan tekanan darah dengan membuat eikosanoid, yang membuat darah lebih encer. Ini membantu mengurangi tekanan pada jantung sehingga aliran darah menjadi lebih efisien.
  • Menjaga fungsi otak - Omega-3 sangat penting untuk perkembangan normal otak dan mata bayi. Asam lemak ini juga penting untuk menjaga otak tetap bekerja pada kapasitas optimal sepanjang hidup. DHA adalah jenis omega-3 yang paling berperan dalam menjaga fungsi otak. Sementara EPA memiliki dampak yang lebih besar pada perilaku dan suasana hati sehingga dapat membantu mengobati depresi berat dan gangguan bipolar.
  • Mengatasi depresi - Jurnal Nutritional Neuroscience menerbitkan sebuah studi yang mengevaluasi dampak suplementasi minyak ikan pada remaja dengan gangguan depresi mayor. Hasil evaluasi menunjukkan adanya perbaikan asam amino dan konten nutrisi di otak serta terjadi penurunan gejala depresi mayor sebesar 40%. Minyak ikan tampaknya meningkatkan efek antidepresan dan membantu mengurangi perubahan suasana hati.
  • Mengurangi peradangan - Sistem kekebalan tubuh memicu respon peradangan ketika tubuh mengalami kerusakan atau penyakit. Peradangan meningkatkan aliran darah untuk melawan infeksi dan mendukung penyembuhan. Dalam beberapa kondisi, peradangan berlanjut untuk waktu yang lama sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, asma, arthritis, diabetes dan kanker. Asam lemak omega-3 dari minyak ikan (EPA dan DHA) berperan dalam melawan peradangan kronis, dengan mensintesis lipid anti-inflamasi khusus, yang mengurangi peradangan dan menghentikan siklus peradangan.
  • Menurunkan risiko diabetes - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Selain dapat menurunkan kadar trigliserida, asupan omega-3 mencegah terjadinya defisit kognitif karena melindungi sel-sel hippocampus dari kerusakan.
  • Mencegah penyakit mata - DHA merupakan komponen struktural utama pada otak dan retina mata. Beberapa studi menunjukkan omega-3 asam lemak dapat membantu melindungi mata orang dewasa dari degenerasi makula dan sindrom mata kering.
  • Menjaga kesehatan tulang dan sendi - Osteoporosis dan arthritis adalah dua gangguan umum yang memengaruhi sistem kerangka. Omega-3 yang ditemukan dalam ikan membantu meningkatkan kekuatan tulang dengan meningkatkan jumlah kalsium dalam tulang, sehingga menurunkan risiko osteoporosis. Omega-3 juga dapat meringankan arthritis. Penderita arthritis yang mengambil suplemen omega-3 telah dilaporkan beberapa penelitian dapat mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan kekuatan genggaman.
  • Menjaga kesehatan kulit - Omega-3 berperan dalam menjaga kesehatan membran sel. Membran sel yang sehat menghasilkan kulit lembut, lembab, kenyal dan bebas kerut. DHA adalah komponen struktural kulit, sehigga bertanggung jawab untuk kesehatan membran sel yang membentuk sebagian besar kulit. EPA juga memberikan manfaat pada kulit melalui berbagai cara seperti mengatur produksi minyak, mengatur kadar air, mencegah jerawat, dan mencegah penuaan kulit sebelum waktunya. 10 Manfaat Omega Bagi Tubuh

Manfaat minyak ikan yang digunakan dalam pengobatan berbagai masalah kesehatan termasuk: penyakit jantung, ADHD, kecemasan, depresi, kolesterol tinggi, penyakit radang usus, arthritis, penyakit Alzheimer, eksim, diabetes, kanker, melemah kekebalan, penyakit autoimun dan degenerasi makula.

Juga, sudah terbukti untuk membantu tubuh dalam penurunan berat badan, kesuburan, kehamilan yang sehat, kulit yang sehat dan peningkatan energi.

Sebagian besar manfaat kesehatan dari minyak ikan karena merupakan salah satu sumber terkaya kodrat ‘asam lemak omega-3 seperti asam Docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Kegunaan Asam Lemak Omega 3 Untuk Pengobatan Terbukti Secara Ilmiah:
  • ADHD – The University of South Australia telah menetapkan bahwa kombinasi dari kapsul minyak minyak dan malam ikan primrose dapat membantu mengurangi gejala umum dari ADHD: kurangnya perhatian, hiperaktif, kegelisahan dan perilaku impulsif Menurut para peneliti, “Minyak ikan diyakini bekerja melalui dampaknya pada fungsi otak. 60% dari otak terdiri dari lemak, dengan yang paling penting yang tak jenuh ganda omega-3 dan asam lemak omega-6. ini harus diperoleh melalui diet dan dapat ditemukan dalam sayuran berdaun gelap, kenari , biji rami dan minyak ikan. ”
  • Kecemasan -. The European Journal of Neuroscience baru-baru ini menerbitkan sebuah studi awal tahun ini menunjukkan bahwa minyak ikan terbalik semua perubahan perilaku kecemasan-seperti dan seperti depresi diinduksi pada tikus ini merupakan studi menarik karena menekankan pentingnya suplementasi dengan minyak ikan di “periode kritis perkembangan otak,” itulah sebabnya mengapa kita harus memberikannya kepada anak-anak kita sejak dini untuk membantu mereka sehingga mereka tidak akan mengembangkan kecemasan atau depresi di kemudian hari!
  • Arthritis – Sebuah 18-bulan studi selama diterbitkan tahun ini, yang dievaluasi bagaimana benih borage oil – kaya GLA -. Dan minyak ikan yang kaya bernasib terhadap satu sama lain dalam mengobati pasien dengan rheumatoid arthritis Ia ditemukan bahwa ketiga kelompok ( 1 mengambil minyak ikan, 1 mengambil biji borage, dan 1 mengambil kombinasi dari dua) “dipamerkan penurunan yang signifikan” dalam aktivitas penyakit dan tidak ada terapi mengungguli yang lain. Hal ini penting untuk menekankan karena mengambil terlalu banyak suplemen yang hanya membuang-buang uang .
  • Penyakit Alzheimer – Selama beberapa tahun sekarang, minyak ikan dan koneksi Penyakit Alzheimer telah dipelajari dengan hasil yang konsisten: asam lemak esensial penting untuk fungsi otak yang ditemukan dalam minyak ikan tidak hanya dapat memperlambat penurunan kognitif, dapat membantu mencegah dedak atrofi pada orang dewasa yang lebih tua.
  • Kanker -. Minyak ikan telah ditemukan untuk membantu membunuh berbagai kanker termasuk usus besar, prostat dan payudara Tidak hanya penelitian membuktikan bahwa itu membuat obat kanker konvensional lebih efektif, itu juga merupakan terapi mandiri yang efektif! 10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Pengobatan

Apa Komentarmu