Oct 31, 2016

Gejala dan Tanda Alergi Kacang Tanah

Gejala alergi kacang yang ringan biasanya berupa batuk, sesak nafas, atau bahkan bisa menyebabkan rasa mual dan muntah yang disertai dengan sakit pada perut dan juga mata yang gatal dan berair. Namun, kadang kala alergi kacang juga bisa membuat pembengkakan pada bagian wajah layaknya bibir atau lidah. Dalam beberapa kasus, alergi kacang juga bisa membuat masalah pada pernafasan dan bahkan penurunan denyut jantung yang bisa berimbas pada hilangnya kesadaran.

Seseorang yang mengalami alergi kacang tanah akan mengalami gatal-gatal, ruam merah, eksim, atau bengkak, dan mengalami kemerahan di sekitar mulut dan muka setelah makan kacang.

Alergi kacang tanah juga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Orang dengan alergi kacang tanah mungkin mengalami kram, kembung, muntah dan/atau diare setelah makan kacang.

Masalah pernafasan bisa ringan hingga berat. Gangguan pernapasan ringan meliputi hidung berair dan tersumbat, mata berair dan gatal, serta bersin.

Syok anafilaksis bisa menyebabkan pembengkakan mulut, bibir dan tenggorokan serta penurunan tekanan darah yang mengakibatkan kesulitan bernafas dan kehilangan kesadaran.

Sayangnya, meskipun alergi pada kacang adalah salah satu alergi yang cukup banyak dikenal oleh masyarakat, hingga saat ini masih belum ada pengobatan yang mampu membuat seseorang sembuh dari alergi kacang. Padahal, jika kita tidak benar-benar jeli saat mengecek bahan makanan, bisa jadi penderita alergi kacang memakan banyak makanan yang mengandung sari atau bahan kacang-kacangan yang tentu saja bisa dengan mudah memicu alergi. Memang, terdapat obat-obatan yang mampu mengurangi alergi layaknya antihistamin, namun, dengan gejala yang cenderung membahayakan, ada baiknya penderita alergi kacang sebisa mungkin menghindari bahan makanan kacang-kacangan sebisa mungkin seumur hidupnya.
doktersehat.com, Amazine.co

Apa Komentarmu